Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Kulit Wajah Yang Kering

Cara Mengatasi Kulit Wajah Yang Kering

BERLKOSMETIK.ID, Kulit kering adalah masalah yang terjadi ketika lapisan kulit paling atas (epidermis) tidak mendapatkan kelembapan yang cukup. 

Akibatnya, kulit terlihat seperti bersisik, mengelupas, hingga pecah-pecah. Dalam istilah medis, kulit kering disebut juga dengan xerosis. Kondisi ini dapat terjadi pada bagian tubuh mana saja, tapi paling umum terlihat pada tangan dan kaki. Siapa pun bisa terkena kondisi kulit yang satu ini, tapi orang lanjut usia biasanya lebih rentan. 

Hal ini disebabkan karena lansia mengalami penurunan produksi sebum, yakni minyak alami yang berfungsi sebagai pelumas kulit.

Perawatan kulit wajah merupakan salah satu langkah penting untuk mendapatkan kulit wajah yang halus dan kencang. Hanya saja, kulit kemungkinan kehilangan cairan akibat kondisi tertentu, sehingga menjadikannya tampak kering. Agar masalah kulit kering dapat dihindari, perlu perawatan kulit wajah yang tepat.

Perawatan kulit wajah perlu dilakukan untuk mengurangi risiko mengalami kulit kering. Sebab, semakin bertambahnya usia, risiko untuk mengalami kulit kering akan lebih besar. Tanda bahwa kulit mengalami kekeringan bisa berupa permukaan kulit wajah yang terasa kasar, mengelupas, pecah-pecah dan terasa gatal.

Mempertahankan Kelembapan Kulit Wajah

Beberapa kebiasaan berikut dapat dilakukan sebagai perawatan kulit wajah untuk memperbaiki kondisi atau tipe kulit wajah kering:

Basuh wajah dengan air biasa

Hindari penggunaan air panas karena dapat memperburuk kondisi kulit yang kering. Saat mandi, sebaiknya batasi waktu mandi hanya sekitar 5-10 menit.

Cermat memilih pembersih wajah

Gunakan produk sabun pembersih wajah yang lembut dan tanpa tambahan pengharum, tujuannya adalah agar kulit Anda terhindar dari iritasi kulit yang dapat menyebabkan kulit semakin kering. Micellar water juga dapat dijadikan pilihan sebagai pembersih wajah sebelum menggunakan sabun pembersih wajah.

Segera pakai pelembap setelah mencuci wajah

Lebih baik memilih pelembap dalam bentuk krim atau salep untuk wajah kering, dibandingkan bentuk lotion. Untuk menjaga kelembapan kulit wajah, Anda juga bisa menggunakan hydrating toner.

Pilih pelembap yang mengandung minyak alami

Misalnya, pelembap dengan minyak zaitun atau minyak jojoba. Selain itu, bahan lain yang juga dapat membantu kulit kering adalah lactic acid, hyaluronic acid, gliserin, lanolin, minyak mineral dan petrolatum.

Gunakan pelembap dengan tekstur berminyak dan kental

Sebelum membeli, coba oleskan di telapak tangan, kemudian balikkan tangan Anda. Jika pelembap menetes berarti belum cukup kental untuk kulit kering.

Waspadai produk yang dapat membuat kulit kering

Beberapa produk yang sebaiknya tidak digunakan untuk Anda yang berkulit kering, misalnya produk yang mengandung alkohol, pengharum, retinoid dan alpha-hydroxy acid (AHA).

Jika hal tersebut dirasa sulit kamu bisa menggunakan pelembab dari b erl kosmetik. Ada banyak produk perawatan kecantikan terutama untuk mengatasi kulit wajah yang kering

Salah satunga dengan B Erl Lightening Series yang dimana satu paket perawatan lengkap yang dapat membantu mengatasi masalah kulit wajah.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Kulit Wajah Yang Kering"